Sabtu, 12 Mei 2012

Impian menjadi Entrepreneur



Entrepreneur atau wirausaha, kata yang beberapa bulan terakhir ini tertanam dalam pikiranku, setelah mengikuti seminar dengan pembicara Bapak Dahlan Iskan, beliau berkata “berwirausaha itu ibarat kita belajar naik sepedah, jatuh..bangkit lagi...jatuh bangkit lagi... dan akhirnya kita bisa juga”, kata sederhana tetapi mengandung makna yang mendalam. Dan saya memaknainya bahwa dalam berwirausaha kita akan mengalami pasang-surut apalagi bagi pemula, kesabaran dan kesungguhanlah yang akan menghantarkan kita menuju kesusksessan.
            Dalam jiwa wirausaha atau entrepreneur berbagai hal dapat kita belajar untuk menjadi pribadi yang baik, antara lain menjadi pribadi yang jujur, dapat dipercaya, penyabar, mandiri, dermawan. Itulah sesungguhnya yang ingin saya capai dalam berwirausaha. Pertama “jujur”, saya ingin belajar jujur dalam hal penjualan produk, tidak ada manipulasi tentang kondisi barang, spekulasi jumlah barang, karena itu dilarang dalam syariat Islam. Kedua “dapat dipercaya”, menjadi rekan bisnis yang dapat dipercaya dan saling percaya antar rekan bisnis, sehingga dapat saling menguntungkan. Ketiga “penyabar”, saya bisa belajar lebih sabar dalam menjalankan bisnis, walaupun seandainya dalam perjalanan bisnis menemui kesulitan atau keterpurukan, disaat inilah saya bisa mengetahui sejauh mana kesabaran saya. Jika saya dapat melewatinya, insya’Allah keberhasilam akan semakin dekat. Keempat “mandiri”, saya bisa belajar mandiri dan tidak bergantung pada orang lain, bahkan saya membantu orang lain dengan memberi lapangan kerja bagi mereka. Kelima “dermawan” sifat ini yang ingin saya wujudkan karena sebagai sesama manusia kita harus saling berbagi dan berguna bagi mereka yang memerlukan bantuna kita.
            Demikianlah sifat-sifat yang ingin saya milki untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga Allah selalu memberi jalan dan memberi kemudahan bagi terwujudnya impian saya tersebut. Aaaamiiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar